Kopi Semendo Muara Enim Lahat, Selalu Jadi Buruan Pecinta Kuliner Kopi

Bagi para penggemar kopi di Indonesia, pasti akan mengasyikan mencicipi berbagai kuliner dalam bentuk kopi dari seluruh penjuru nusantara. Di setiap daerah tanah air, memang selalu mempunyai produk kopi dengan citarasa yang sangat beragam. Namanya juga berbeda-beda dan hampir semua pecinta kopi pasti sudah akrab dengan nama-nama kopi tersebut.

Kopi Semendo

Namun bagaimana dengan Kopi Semendo?. Bagi sebagian pecinta minuman kopi, nama yang satu ini mungkin tidak terlalu akrab di telinga mereka. Namun bagi yang benar-benar menjadi penikmat kopi sejati pasti sudah pernah mencicipinya atau paling tidak pernah mendengarkan kisah keistimewaannya dari orang lain.

Kopi Semendo merupakan kopi asli nusantara yang berasal dari Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Meski saat ini kalah terkenal dibanding dengan beberapa kopi dari daerah lain, namun citarasanya tidak kalah enak dan nikmat saat dijadikan minuman.

Tanaman Kopi Semendo dibudidayakan di lahan-lahan yang ketinggiannya mencapai 1.400 mdpl. Sentra budidaya tanaman ini terletak di kawasan perkebunan yang ada di sekitar lereng Gunung Dempo. Dengan dukungan dari alam yang selalu berhawa sejuk, tak mengeherankan jika tanaman tersebut selalu menghasilkan biji kopi dengan kualitas nomor satu.

Kopi ini, setelah diolah jadi minuman biasanya punya citarasa antara pahit dan sedikit asam, sebuah paduan rasa khas kopi jenis robusta. Satu keistimewaannya, kopi ini akan lebih cepat mengeluarkan aroma wangi meski minumannnya sendiri belum diseduh.

Selalu jadi buruan pecinta kuliner kopi

Sejak dulu sampai saat ini, Provinsi Sumatera Selatan memang sangat terkenal sekali sebagai salah satu daerah penghasil kopi dengan mutu terbaik di Indonesia. Jumlah produksinya bisa mencapai ratusan ribu ton setiap tahun dan luas perkebunannya juga sangat luas, kurang lebih 256 ribu hektar secara keseluruhan di Sumatera Selatan.

Dari sekian banyak perkebunan kopi yang ada di provinsi ini, diantaranya berpusat di Muara Enim dan Lahat. Di kedua daerah tersebut, yang menjadi sentra paling besarnya adalah area Gunung Dempo dan sekitarnya.

Sementara itu, untuk Kopi Semendo yang asalnya juga dari kawasan Gunung Dempo, dikenal sebagai kopi yang sistem pengolahannya selalu memakai cara-cara yang sangat khas. Ketika mau dijadikan minuman, akan dikeringkan lebih dahulu dengan kayu bakar dan apinya harus berukuran sedang saja. Jadi tidak boleh terlalu besar atau sebaliknya terlalu kecil.

Sistem pengolahan inilah yang membuat Kopi Semendo makin terasa lebih nikmat, sehingga selalu menjadi buruan para pecinta kuliner kopi. Selain itu keistimewaan selanjutnya adalah, harganya tidak mahal, apalagi jika dibeli langsung di Muara Enim atau Lahat.